Siapa sih yang tidak ingin sukses? Menjadi sukses pastilah merupakan impian bagi setiap orang. Termasuk diri kita sendiri.

Namun, kebanyakan dari kita hanya ingin menikmati suksesnya saja tanpa mau mengetahui dan menjalani bagaimana perjuangannya.

Bisa kita lihat dan pelajari dari salah satu pengusaha sukses bernama Achmad Zaky yang merupakan pemilik dari Bukalapak.

 

Kisah Achmad Zaky, Pemilik BukalapakKisah Achmad Zaky, Pengusaha Sukses Dibalik Bukalapak 

Tentu kita sudah taka sing lagi dengan situs be

lanja online e-commerce bernama Bukalapak. Platform ini menyediakan berbagai barang yang bisa kalian beli secara online.

Namun, tak banyak yang tahu siapa pahlawan di balik e-commerce yang terkenal ini. Nah, ia bernama Achmad Zaky, seorang pebisnis yang suka bekerja keras sehingga bisa menjadi seorang CEO dari Bukalapak.

Ia merupakan pria kelahiran 1986 pada Agustus 24 di Indonesia. Ia telah menempuh pendidikan di ITB pada jurusan Teknik Informatika.

Setelah lulus, ia membuat sebuah perusahaan jasa yang khusus untuk mengkonsultasikan teknologi. Nama perusahaannya adalah Suitmedia.

Sebelumnya, ia juga pernah mencoba peruntungannya di bidang kuliner dengan membuka suatu usaha mi ayam saat ia kuliah. Ia bahkan menghabiskan uang yang ia dapatkan dari kemenangannya atas suatu perlombaan untuk membuka bisnis mi ayam ini.

Karena ia sudah memiliki basic sistem IT banyak perusahaan besar, ia lalu memiliki ide untuk membuat suatu hal yang lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Lalu, ia membuat Bukalapak di tahun 2010 bersama dengan kedua temannya bernama Fahrin dan Nugroho.

Mereka juga menjadi CEO dari perusahaan Bukalapak. Dengan mimpinya yang ingin mengubah hidup setiap orang serta membuat UMKM lebih maju di internet, ia membuat basis kode bukalapak dalam waktu 2 bulan saja.

Pada pertama kalinya, ia mengajak para pedagang yang berjualan di dalam mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Sayangnya, repson mereka tak sebesar yang diharapkan oleh Zaky.

Justru, orang pertama yang bergabung dengan Bukalapak merupakan pedagang kecil biasa yang mengaku barangnya tidak laku di toko.

Dari sanalah ia lebih berfokus pada pedagang kecil dan UMKM yang belum terlalu besar. Bahkan pada 2011 sudah ada 10.000 penjual lebih yang mendaftar di Bukalapak dan berjualan di sana.

Bukalapak pun semakin berkembang bahkan menarik perhatian para investor yang ingin menaruh modal mereka di e commerce ini.

Misalnya IMJ Investmen, Emtek Group, dan masih banyak lagi. Karena itulah, Zaky lalu diberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya oleh presiden Jokowi pada 2016 lalu.

Karena, ia memiliki peran aktif dalam memajukan ekonomi UMKM serta kegiatan penjualan online melalui internet.

Sayangnya, Zaky menyatakan mundur dari Bukalapak pada tahun 2019 lalu dan posisi CEO nya digantikn oleh Rachmat Kaimuddin.

Keputusan ini dibuat oleh dua co founder teman dari Zaky dan juga para pemegang saham atau secara tidak langsung pemilik Bukalapak.

 

Itulah kisah nyata dari Achmad Zaky yang merupakan founder dari Bukalapak dan merupakan orang hebat yang berdedikasi selama ini.

Ia bisa menjadi contoh yang baik bagi kalian yang saat ini sedang berjuang melewati masa sulit dalam menempuh jalan menuju kesuksesan.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat dan semoga kisah dari Zaky bisa memberikan inspirasi terutama bagi kalian para anak muda yang saat ini tengah berjuang keras untuk sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *