Banyak sekali orang di dunia ini yang ingin menjadi pengusaha, tetapi tidak semua dari mereka yang terlahir di keluarga kaya raya dengan modal lulusan kuliah bisa langsung membuka usaha mereka sendiri.

Walaupun seperti itu, kita juga harus bijak dalam mengambil peluang untuk usaha baik itu besar maupun kecil. Nah, apa saja sih usaha yang tidak membutuhkan modal cukup besar? Simak aritkelnya.

 

1.Jasa Laundry

Jasa Laundry

Peluang yang satu ini membutuhkan modal dalam mesin cucinya saja. Apabila kalian memiliki mesin cuci dirumah, hal itu bisa dijadikan sebagai modal awal kalian, walaupun hanya bisa menerima beberapa pelanggan saja.

Hal ini sangat menguntungkan bagi yang tinggal di daerah perkotaan, karena orang sekitar kota banyak yang tidak sempat dalam melakukan cuci pakaiannya mereka.

Dengan modal mesin cuci yang tidak banyak, kalian bisa melakukan promosi di masyarakat sekitar kalian, apalagi yang rumahnya di perumahan atau apartement akan lebih mudah lagi dalam hal promosinya.

 

2. Bisnis Masker

Bisnis Masker
Bisnis yang memuncak semenjak pandemi corona ini membuat masker menjadi kekurangan dan stoknya laris habis. Dalam hal tersebut, kalian bisa menggunakan kesempatan ini dalam membuka bisnis kecil-kecilan.

Kamu hanya membutuhkan modal untuk masker. Kalian bisa membelinya di pabrik atau agen yang menjual masker, kemudian dijual kembali dengan mengambil sedikit keuntungan.

Sebagai promosi, kalian bisa menggunakan sosial media atau menjualnya ke masyarakat sekitar kalian yang dikira membutuhkan masker. Dalam hal ini, skill dalam berjualan sangat dibutuhkan untuk menarik pelanggan.

 

3. Bahan Dekor

Bahan Dekor
Karena pandemi yang sedang terjadi, membuat orang menjadi harus lebih betah dirumah. Tentunya salah satu dekorasi rumah membuat orang menjadi merasa lebih nyaman dan betah untuk tidak keluar rumah selama social distancing.

Banyak orang yang mendekor rumahnya untuk mengganti suasana rumah.  Dalam hal ini, kalian bisa menjual beberapa aksesoris kamar seperti lukisan atau stiker, serta dekorasi rumah lainnya seperti perhiasan.

Dengan kerajinan tangan dan kreatifitas kalian juga bisa membuatnya sendiri yang tentunya menggunakan modal lebih kecil.

 

4. Jasa Mengajar

Jasa Mengajar
Hal ini merupakan salah satu peluang usaha dengan modal yang sangat kecil dan tentunya jika kalian masih memiliki pendidikan yang rendah, kalian bisa mengajarkan anak TK atau SD yang masih mudah materinya seperti nge-les.

Apalagi, jika kalian memiliki kemampuan dalam suatu bidang maka jangan pernah takut untuk melakukan jasa yang satu ini.

Selain mendapatkan keuntungan, kalian juga bisa membagikan ilmu kebanyak orang loh!

 

5. Reseller/Dropshipper

Reseller/Dropshipper
Nah, Bisnis yang satu ini sangat memainkan kemampuan kalian dalam berjualan dan berkomunikasi untuk menarik para pelanggan.

Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan. Kalian hanya membutuhkan modal yang bergantung pada produk yang ingin kalian jual.

Hampir sama seperti berjualan pada dasarnya yang dimana kalian membeli barang di pabrik atau agen dengan harga lebih murah dan menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan. Biasanya kalian harus menyetok beberapa barang dulu sebelum dijual jika ingin menjadi reseller.

Kalau Dropshipper, kalian hanya butuh mempromosikan barang dan kalian hanya akan meneruskan para pembeli ke supplier produk tersebut.

Dengan hal itu kalian akan mendapatkan keuntungan berupa komisi yang sudah kalian targetkan.

Nah, itulah beberapa peluang bisnis dengan modal yang tidak cukup besar dan mudah untuk dilakukan. Tetaplah semangat dalam menjalankan bisnis dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih