Kalian pasti kenal kan dengan sosok yang bernama Bill Gates dan Jack Ma yang merupakan sosok pengusaha sukses di dunia yang mempunyai kisah inspiratif. Nah, tidak hanya dari luar negeri saja di Indonesia juga banyak loh orang yang sukses dengan kisah inspiratifnya mau tau siapa aja? Simak artikelnya.

1.Susi Pudjiastuti

Sosok Pengusaha Sukses di Indonesia

Susi Pudjiastuti memutuskan untuk berhenti sekolah demi bisa berjualan ikan. Pengusaha wanita sukses asal Indonesia ini sudah dikenal sosoknya dibidang perikanan dan transportasi udara. Walaupun Susi Pudjiastuti bisa melanjutkan sekolahnya dan lahir di keluarga berkecukupan ia berhenti sekolah ketia SMA dan fokus untuk membangun usaha sendiri.

Tahun 1983 ia menjadi pengepul ikan di pangandaran, banten yang merupakan bisnis pertamanya dan ia menjual perhiasannya untuk modal utama. Susi mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product di tahun 1996 dan lobster adalah produk andalannya untuk di ekspor ke luar negeri.

Produknya laku dari Asia bahkan sampai Amerika. Susi memberanikan diri meminjam uang ke Bank sebesar 20 miliar untuk membuat produknya tetap segar hingga sampai tujuan pada tahun 2004 dan uang tersebut digunakannya untuk membeli pesawat Cessna Caravan serta mendirikan perusahaan transportasi udara.

Tidak hanya hasil dari laut tapi usaha transportasi udaranya juga berkembang pesat. Sekarang ia sudah memiliki puluhan pesawat terbang dari bermodalkan hanya 1 pesawat saja. Pada era presiden Joko Widodo sekarang ini dia juga pernah menjabat sebagai menteri Perikanan dan Kelautan.

2.Eka Tjpta Widjaja

Eka Tjpta Widjaja
Pernah berjualan permen sebelum menjadi seorang pengusaha sukses. Beberapa dari kalian pasti tau perusahaan grup Sinarmas yang bergerak di bidang Keuangan, Makanan, Agribisnis, Energi, Telekomunikasi, hingga Pendidikan dan Kesehatan.

Eka yang merantau dari China ke Makassar ini terlahir di keluarga yang amat miskin dan ia membawa uang sebesar 150 dollar hasil berhutang ke rentenir. Demi membayar hutang keluarganya dulu ia harus berhenti sekolah sejak kecil. Ia mulai berjualan kecil-kecilan seperti permen, kopi, dan bikuit.

Dagangannya dijarah oleh pemberontak seketika usahanya sedang tumbuh dan akhirnya harus memulai dari awal. Niatnya untuk usaha tidaklah luntur walau hanya lulusan dari SD. Ia mencoba membuka usaha baru dengan modal ia kumpulkan.

Mulai dari membeli perkebunan kelapa sawit di riau lah usahanya terus berkembang dan kemudian mendirikan Sinarmas. Melalui bendera Sinarmas ia memperluas usahanya ke sektor keuangan, properti, hingga kertas.

Dan akhirnya Sinarmas telah dikenal di Indonesia dan Eka Tjipta Widjaja dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

3.Chairul Tanjung

Chairul Tanjung
Sebelum sukses ia hanya berjualan alat tulis dan sekarang telah menjadi pemilik CT Corp. semangat untuk belajarnya sangat kuat walaupun terlahir di keluarga tidak mampu sehingga ia bisa diterima di fakultas kedokteran.

Sambil kuliah ia juga berjualan alat tulis di kampus, bahkan ia pernah bangkrut saat mencoba mendirikan toko alat kedokteran. Setelah tamat kuliah ia mendirikan usaha ekspor sepatu anak bersama temannya. Namun, ia mendirikan usaha sendiri dan memilih untuk keluar bisnis bersama temannya.

Usahanya bernama Para Group yang kemudian ia ubang menjadi Bank Mega. Sebagai pusat pertokoannya ia juga mendirikan Bandung Supermall. Sebagai sektor media ia mendirikan Trans TV yang bergerak dibidang televisi Indonesia.

Ia masuk dalam 10 besar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2017 dan memiliki kekayaan sebesar 65.3 triliun rupiah.

Itulah 3 kisah inspiratif pengusaha sukses di Indonesia yang berasal dari keluarga yang tidak mampu, tetapi memiliki semangat yang luar biasa. Kalian mau sukses juga? Jadikanlah kisah ini sebagai motivasi kamu dan tetap semangat mencoba kembali jika gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *