Suatu hari, kita pasti akan ada saatnya mendapatkan tanggungan jawab yang besar dalam hal singkat maupun jangka panjang. Ataupun kalian pasti pernah dipercayakan teman kalian untuk menjadi pemimpin suatu kelompok. Dengan sikap kepemimpinan yang baik, tentunya kita juga akan menerima dampak yang baik dari tim kita ataupun orang lain. Bukan hanya dalam hal kecil, kalian yang ingin menjadi pemimpin disuatu pekerjaan pun harus memiliki sifat-sifat seperti berikut.

1.Jujur dan Bisa Dipercaya

Jujur dan Bisa Dipercaya

Hal yang sangat umum ini harus dimiliki para pemimpin. Kamu yang memiliki sikap jujur maka orang-orang akan percaya dengan apa yang kamu pimpin. Mereka akan kebingungan dan tidak akan percaya dengan apa yang kamu pimpin jika kamu tidak memiliki sifat yang jujur. Jangan bohong, jangan curang, atau hingga memanfaatkan status kamu untuk kepentingan pribadi yang menguntungkan diri kamu dan merugikan orang lain.

2. Memberikan Contoh Kepada Rekan

Memberikan Contoh Kepada Rekan Selain kejujuran, Memberikan contoh dan menjadi teladan yang baik sangatlah penting untuk memberikan dampak positif kepada tim kamu. Contohnya jika kalian disiplin, maka tim kamu juga akan disiplin dan tekun terhadap suatu pekerjaan. Tanpa adanya keteladanan dari kamu, mereka juga tidak bisa apa menjadi apa yang kamu inginkan. Seperti disaat kamu menyuruh rekan kamu untuk rajin, namun kamu sendiri adalah sosok yang pemalas, maka mereka juga tidak bisa rajin seperti yang kamu inginkan karena tidak mendapatkan contoh dari pemimpinnya. Kalaupun mereka bisa, mereka pasti terasa terpaksa dan terbebani dalam pekerjaanya.

3. Berkomunikasi Secara Efektif

Memberikan Contoh Kepada Rekan Dalam kemampuan ini, bukan berarti kamu harus hebat dalam berpidato atau membuat puisi. Melainkan, kamu harus bisa menjelaskan sesuatu dengan sederhana dan jelas serta tidak membutuhkan suatu kecerdasan dengan bahasa teori yang justru membuat rekan kamu tidak paham. Cukup sampaikan hal yang penting, sederhana, dan jelas maka mereka pun tidak akan sungkan dalam bertanya atau berpendapat bersama kamu.

4. Mempercayai Rekan dan Orang Lain

Mempercayai Rekan dan Orang Lain Suatu instruksi yang kamu berikan pada rekanmu, maka kamu harus sepenuhnya percaya dengan kemampuan mereka dan jangan pernah berburuk sangka atau berpikir orang tersebut tidak mampu melakukannya. Berikan mereka kesempatan untuk mencoba dan membiasakannya akan membuat mereka nyaman bersama kamu.

5. Memberi dan Meminta Maaf

Mempercayai Rekan dan Orang Lain Kamu bukanlah sosok yang sempurna dan wajar saja masih bisa melakukan kesalahan. Bukan mengutamakan ego dan kedudukan sebagai pemimpin yang selalu mencari celah jika melakukan kesalahan. Melainkan jika kamu menghindari hal seperti itu, maka rekan kamu akan merasa kamu adalah pemimpin yang tidak mengakui kesalahan. Dan bukan hanya dirimu, bahkan rekanmu juga pasti akan mengalami kesalahan dan kamu sebagai pemimpin harus bisa rela untuk memaafkan dan memberikan motivasi supaya ia bisa mencobanya lagi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahannya. Dengan sifat rendah hati, maka mereka pun juga akan lebih teliti lagi dalam melakukan pekerjaannya dan bisa menaruh kepercayaan mereka kepada kamu yang sangat rendah hati. Nah, itulah 5 sifat kepemimpinan yang harus kamu miliki jika kamu ingin menjadi pemimpin yang benar dan ideal. Pemimpin bukanlah seperti bos yang hanya mengatur dan menginginkan hasil yang tepat, melainkan seorang pemimpin adalah seseorang yang meninginkan hasil lebih dari itu dan tidak hanya mengatur saja serta bisa memberikan beberapa masukkan untuk membantu rekan kamu. Kamu sudah siap menjadi pemimpin? Miliki dulu 5 sifat diatas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *